TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Gaya Hidup

Jangan Asal Makan, 4 Makanan Ini Bahaya untuk Ibu Hamil

26/04/2018 - 01:20 | Views: 12.44k
Ibu hamil. (FOTO: nutrimum.co)

TIMESNUNUKAN, JAKARTA – Mengonsumsi makanan sehat dengan kandungan gizi yang cukup untuk ibu hamil sangatlah penting karena pada usia kehamilan tersebut janin baru mulai tumbuh dan berkembang. Mengingat setiap makanan dan minuman yang dikonsumsi dapat memengaruhi kesehatan dan perkembangan janin (termasuk ibu hamil), berikut ini adalah daftar makanan yang bahaya untuk ibu hamil seperti dilansir di laman Prevention.

1. Daging Kemasan
Daging olahan dapat membawa listeria, bakteri yang dapat menyebabkan penyakit listeriosis. Gejala listeriosis antara lain demam, sakit kepala, leher kaku, dan diare. Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC), penyakit listeriosis berbahaya bagi ibu hamil karena dapat menyebabkan keguguran, persalinan prematur, atau infeksi yang dapat mengancam jiwa bayi dalam kandungan.

2. Daging dan Telur Setengah Matang
Menurut CDC, daging mentah atau setengah matang, seperti sashimi dan beberapa jenis sushi, steak dengan tingkat kematangan di bawah well-done, memiliki risiko adanya bakteri salmonela yang dapat menyebabkan diare, demam, dan kram perut. Selain daging, telur setengah matang juga disinyalir mengandung bakteri salmonela.

Wanita yang sedang hamil cenderung memiliki reaksi yang parah terhadap infeksi salmonela, dan bakteri itu sendiri dapat memengaruhi kondisi bayi. Mengingat bahwa bakteri salmonela dapat menyebabkan diare, kondisi ini dapat menyebabkan dehidrasi yang bisa berdampak pada rahim Anda untuk mulai berkontraksi sebelum waktunya.

3. Keju yang Belum Dipasteurisasi
Pasteurisasi adalah proses sterilisasi kuman melalui pemanasan pada suhu 60-70 derajat Celcius selama 30 menit, dengan tujuan membunuh bakteri patogen dalam makanan. Kebanyakan keju adalah hasil pasteurisasi, kecuali keju lunak seperti parmesan, feta, blue cheese, panela dan mozzarella. Sama dengan daging olahan, keju yang belum dipasteurisasi dapat mengandung bakteri listeria.

4. Ikan Mengandung Merkuri
Ikan yang berukuran besar dan predator biasanya memiliki kandungan merkuri lebih banyak. Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) menyarankan untuk tidak mengonsumsi hiu, ikan pedang, todak, tuna, marlin, dan tilefish.

Hindari makanan yang bahaya untuk ibu hamil yang disebutkan di atas. Selalu jaga kesehatan janin dan ibu hamil. Sebisa mungkin konsumsi makanan dan minuman yang mengandung asam folat, zat besi, kalsium, zink, dan vitamin C selama kehamilan. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Jurnalis :
Editor : Deasy Mayasari
Publisher :
Copyright © 2018 TIMES Nunukan
Top

search Search