TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Berita

Ratusan Umat Hindu Gelar Upacara Piodalan di Pura Dharma Marga

25/04/2018 - 20:08 | Views: 12.60k
Ida Bopo Pandita Giri Darma Arsa menyucikan umat yang hadir dalam acara piodalan di Pura Dharma Marga. (FOTO: Erwin Wahyudi/TIMES Indonesia)

TIMESNUNUKAN, BANYUWANGI – Sebagai bentuk penghormatan kepada Sang Yang Widi, ratusan umat Hindu yang ada di Kecamatan Bangorejo menggelar upacara piodalan atau pembersihan. Acara yang dilakukan di Pura Dharma Marga, Sambirejo Dusun Sambirejo, Desa Sambimulyo, Kecamatan Bangorejo, Banyuwangi, Rabu (25/4/2018).

Informasi yang dihimpun TIMES Indonesia, upacara piodalan ini sudah digelar sebanyak 16 kali dan rutin diperingati setiap tahunnya serta digelar di pura tersebut.

Selain dihadiri sekitar 700 umat Hindu dari dalam dan luar Kecamatan Bangorejo, upacara yang digelar tiap bulan purnama ketiga itu kali ini terasa lebih istimewa. Sebab, pada tahun ini acara tersebut juga dihadiri oleh Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Banyuwangi, Suminto beserta pemangku adat Hindu lainnya. 

“Acara ini bertujuan untuk memperingati hari ulang tahun pura serta menyucikan pura dan para umat,” ujar Suminto.

Upacara pembersihan tidak hanya dilakukan di kompleks Pura. Namun, menyucikan seluruh umat yang hadir dalam acara tersebut. Para umat disucikan oleh Ida Bopo Pandita Giri Darma Arsa dari Padepokan Purwasanti, Kecamatan Purwoharjo. “Para umat disucikan juga untuk pembersihan diri agar kembali suci, semua umat disucikan untuk menetralisir sifat-sifat atau energi negatif sehingga berubah menjadi energi dan sifat positif,” kata Duta Dharma, Joko Sutioso. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Jurnalis : Erwin Wahyudi
Editor :
Publisher :
Copyright © 2018 TIMES Nunukan
Top

search Search