TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Berita

Ribuan Orang Penuhi Bromo Valley Air Show Abdulraman Saleh Malang

21/04/2018 - 15:26 | Views: 6.86k
Pertunjukan freefall dan terjun payung dalam rangka Bromo Valley Air Show di Lanud Abdulrachman Saleh Malang. Sabtu, 21/4/2018. (FOTO: Tria Adha/TIMES Imdonesia)

TIMESNUNUKAN, MALANG – Ada suasana berbeda di Pangkalan TNI Angkatan Udara Abdulrahman Saleh Malang, Sabtu (21/4/2018) siang yakni datangnya ribuan orang untuk menyaksikan Bromo Valley Air Show (BVAS) yang digelar sejak Jumat (20/4/2018) sampai Minggu (22/4/2018).

Lanud Abdul Rahman Saleh mencoba mulai terbuka untuk masyarakat lewat event yang kali pertama dilaksanakan yakni Bromo Valley Air Show (BVAS) Jumat (20/4/4/2018) sampai Minggu (22/4/2018).
Event ini sebenarnya bagian dari bulan dirgantara dalam rangka HUT ke 72 TNI Angkatan Udara.

Sedikitnya ada 57 moment yang sitampilkan dalam BVAS selama tiga hari itu.

Lanud-Abd-Saleh-F.jpg

"BVAS ini memang salah satu event yang dicanangkan sebagai open base untuk mengenalkan Pangkalan Lanud Abd Saleh kepada masyarakat. Yang mana selama ini masyarakat tahunya pangkalan TNI Abd Saleh ini adalah pangkalan militer yang tertutup," kata Komandan Lanud Abd Saleh Marsekal Pertama (Marsma) TNI Andi Wijaya, S. Sos.

Hari itu sejumlah pejabat hadir diantaranya Bupati Malang, Dr H Rendra Kresna, Kapolres Malang Kota AKBP Asfuri, Wakapolres Malang, Kompol Decky Hermansyah, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Made Arya Wedhantara, Kasdim 0818, Kasdim 0833 serta pejabat Lanud Abd Saleh.

Lanud-Abd-Saleh-B.jpg

Sejumlah momen mengisi event ini diantaranya misalnya power glider, aircraft acrobatic, tucano fit, casa drop, herky fit, herky one, flypass, parachuting, fashion show, hiburan music, dan masih banyak lagi moment menarik lainnya yang selama ini jarang dinikmati masyarakat umum.

Berpuluh-puluh bus diantaranya dari Pangkalan TNI AU Abd Saleh dan Polisi dilibatkan untuk mengangkut masyarakat disampingi mobil angkutan umum dan mobil pribadi.

Lanud-Abd-Saleh-C.jpg

"Sebenarnya dengan kegiatan ini sebenarnya kita terbuka kepada masyarakat. Silahkan masyarakat bisa menikmati, bisa melihat, berinteraksi dengan suasana kehidupan di lingkungan TNI AU, alutsista, bahkan ikut naik pesawat alutsista. Tapi mohon maaf yang bisa dinaiki pesawat angkut, pesawat tempurnya tidak bisa," tegas Andi.

Andi juga memperkenalkan olah raga paralayang (pakai motor di belakang), para trike (ada tambahan tempat duduknya) dan sebagainya.

Lanud-Abd-Saleh-D.jpg

Bahkan siang itu berbagai kemampuan prajurit TNI AU juga diperkenalkan kepada masyarakat mulai dari terjun bebas free-fall dari Paskhas, terjun statik untuk infiltrasi ke medan musuh, manuver pesawat tempur, dan cargo drop.

Juga ditampilkan simulasi penembakan sasaran oleh empat pesawat Super Tucano yang bermanuver terbang rendah. Pembebasan sandera oleh prajurit Paskhas TNI AU.

Semua kegiatan itu menjadi hiburan tersendiri bagi masyarakat. Mereka begitu terkesima dan menikmati atraksi itu dari satu langkah ke langkah berikutnya.

Lanud-Abd-Saleh-E.jpg

Dalam acara itu juga dipamerkan berbagai alutsista yang selama ini dipergunakan prajurit TNI AU mulai dari pesawat C130 Hercules, Cassa, Super Tucano, Helicopter dan persenjataan berat.

Danlanud juga berharap event Bromo Valley Air Show (BVAS) ini, bisa memberikan edukasi bagi masyarakat khususnya para pelajar. "Kami menyampaikan terimakasih kepada semua pendukung acara ini hingga bisa terlaksana dengan baik," tegas Danlanud. (*)

Jurnalis : Widodo Irianto
Editor : Yatimul Ainun
Publisher :
Copyright © 2018 TIMES Nunukan
Top

search Search