Gaya Hidup
Ingin Panjang Umur seperti Orang Jepang? Ini Rahasianya
12-02-2018 - 06:21 | Views: 113
ILUSTRASI. Rahasia panjang umur orang Jepang
ILUSTRASI. Rahasia panjang umur orang Jepang

NUNUKANTIMES, JAKARTA – Dibandingkan dengan masyarakat Indonesia, harapan hidup orang Jepang cenderung lebih lama. Padahal, jika kita cermati, orang Jepang bekerja dengan lebih keras dan lebih sering terkena stress. Apa rahasia mereka sehingga bisa panjang umur? Dilansir dari Dokter Sehat, berikut alasan orang Jepang bisa berumur panjang.

1. Suka Makanan Laut
Salah satu kunci panjang umur orang Jepang adalah hobi mereka dalam mengkonsumsi makanan laut seperti sushi dan sashimi. Setiap tahunnya, rata-rata orang Jepang mengkonsumsi 55,7 kg makanan laut. Hal ini ternyata menurunkan risiko kematian yang disebabkan oleh penyakit jantung hingga 36 persen. Selain itu, sebuah penelitian juga menyebutkan bahwa mereka yang suka makan ikan cenderung memiliki harapan hidup 2 tahun lebih lama daripada mereka yang malas makan ikan.

2. Suka Karaoke
Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh para ahli dari Ehime University dan Osaka University pada tahun 2009 dan melibatkan sekitar 20 ribu pria, disebutkan bahwa kebiasaan berkaraoke orang Jepang untuk melepas penat ternyata mampu menurunkan risiko penyakit kardiovaskular dengan signifikan.

3. Suka Minum Teh Hijau
Bagi orang Jepang, teh hijau adalah minuman yang erat dengan budaya dan kebiasaan sehari-hari. Padahal, telah banyak penelitian kesehatan yang menghasilkan fakta menarik tentang konsumsi teh hijau yang mampu menurunkan risiko terkena penyakit jantung dan kanker, dua penyakit yang paling mematikan di dunia.

4. Suka Mandi Air Hangat
Sebagian besar, tepatnya 85 persen orang Jepang akan mengakhiri kegiatan harian dengan mandi air hangat, khususnya mandi di onsen atau pemandian umum yang airnya disebut-sebut memiliki kandungan mineral. Tak hanya membuat pikiran menjadi lebih tenang, mandi air hangat disebut-sebut bisa mencegah datangnya masalah rematik.

5. Makan dengan Porsi Kecil
Kebiasaan orang Jepang yang makan dengan porsi kecil, tepatnya dengan mangkuk berukuran kecil ternyata membuat mereka tidak makan dengan berlebihan sehingga mencegah datangnya obesitas. (*)

Editor
: Deasy Mayasari
Publisher
: Rizal Dani