TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Berita

Ini Jumlah DPT yang Ditetapkan KPU Probolinggo di Pilkada 2018

21/04/2018 - 11:48 | Views: 11.00k
ILUSTRASI - Pilkada Serentak 2018 (Grafis: TIMES Indonesia)

TIMESNUNUKAN, PROBOLINGGO – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Probolinggo Jawa Timur, telah menetapkan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk Pilgub dan Pilbup 2018 yang digelar secara serentak.

Sebanyak 24 Kecamatan di Kabupaten Probolinggo, KPU setempat telah menetapkan DPT sebanyak 845.901 pemilih. Namun, KPU masih memberikan kesempatan bagi warga yang tak masuk dalam DPT, meraka bisa ikut pencoblosan juga, dengan menggunakan e-KTP atau surat keterangan.

Daftar DPT tersebut ditetapkan setelah KPU menggelar rapat pleno, yang dihadiri Liaison Officer (LO) dari kedua pasangan calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Probolinggo, perwakilan instansi terkait serta Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) di 24 Kecamatan di Kabupaten setempat. 

Berdasarkan data yang dibacakan PPK hasil rekap tingkat Kecamatan, diketahui 845.901 DPT. Dengan jumlah DPT terkecil berada di Kecamatan Sukapura yaitu 15.450 pemilih. Sementara yang paling banyak berada di Kecamatan Tongas dengan jumlah 50.281 pemilih. Sedangkan Kecamatan Kraksaan, yang menjadi pusat pemerintahan Kabupaten Probolinggo, hanya ada 48.365 pemilih.

Sugeng Harianto, Divisi Perencanaan dan Data KPU Kabupaten Proobolinggo mengatakan, kedepan hasil DPT tersebut akan di tempel di tempat-tempat strategis dan sekretariat PPS ditiap Desa.

“Ada 2.780 pemilih baru di DPT tersebut, sementara untuk yang Tidak Memenuhi Syarat (TMS) sebanyak 14.103 orang, yang berasal dari pemilih yang pergi dan meninggal, pemilih yang tidak masuk dalam DPT bisa memilih dengan menggunakan e-KTP atau surat keterangan dari Dispendukcapil,” terangnya.

Zaini Gunawan, Ketua Panwaslu Kabupaten Probolinggo, mengatakan, pihaknya meminta pada KPU setempat untuk mengikuti Sistem Daftar Pemilih (Sidalih). Panwas akan terus mengawal DPT ini. Selain itu agar terus berkordinasi dengan Dispendukcapil Kabupaten Probolinggo.(*)

Jurnalis : Dicko W
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher :
Copyright © 2018 TIMES Nunukan
Top

search Search