TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Berita

Polres Jember Gelar Baksos dan Sosialisasi Pasal KUHP ke Warga Sumbersari

21/04/2018 - 11:27 | Views: 7.52k
Warga lansia dan tidak mampu di Gladak Pakem, Sumbersari mengantri menerima sembako dalam bakti sosial yang digelar Polres Jember. (FOTO: Dody Bayu Prasetyo/TIMES Indonesia)

TIMESNUNUKAN, JEMBERPolres Jember menggelar bakti sosial kepada ratusan warga lanjut usia (lansia) dan miskin di Gladak Pakem, Sumbersari, Jember, Jawa Timur, Sabtu (21/4/2108).

Kapolres Jember AKBP Kusworo Wibowo mengatakan bahwa bakti sosial yang digelar tersebut dalam bentuk pembagian sembako serta pelayanan kesehatan gratis.

"Kami sediakan 200 paket sembako kepada warga lansia dan tidak mampu di sini," kata Kusworo saat dijumpai di sela-sela kegiatan bakti sosial yang berpusat di lahan milik Perum Damri.

Kusworo menerangkan bahwa tujuan diselenggarakan bakti sosial tersebut tidak hanya untuk membantu meringankan kebutuhan serta kesehatan warga setempat. Namun juga untuk meminimalisir kasus pelanggaran hukum di Kecamatan Sumbersari.

Karena itu, dalam kegiatan tersebut Kusworo juga mensosialisasikan sejumlah pasal KUHP yang terkait dengan tindak pidana kepada ratusan warga yang hadir. Seperti pasal tentang tindak penganiayaan hingga perzinahan.

"Kami ingin Kecamatan Sumbersari aman, tertib, dan kondusif. Kami juga meminta jika warga melihat permasalahan hukum segera informasikan kepada polisi agar segera ditindak," pintanya.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jember Siti Nurul Qomariah mengatakan bahwa penyakit yang diderita oleh warga Jember pada umumnya merupakan penyakit tidak menular (PTM). Seperti hipertensi dan diabetes.

Hal tersebut, lanjutnya, juga dipengaruhi oleh kondisi tempat tinggal warga. "Seperti yang diketahui bahwa Jember kondisi geografis sangat beragam, mulai dari pegunungan, pantai, dan dataran rendah yang mempengaruhi tingkat konsumsi garam," tutur Siti saat ikut menghadiri kegiatan bakti sosial yang digelar Polres Jember

Dia juga menyatakan bahwa Pemerintah Kabupaten (PemkabJember berkomitmen untuk memberikan bantuan atau asuransi kepada warganya yang menderita PTM. "Terutama warga yang tidak mampu. Itu sudah jadi komitmen ibu bupati sejak awal menjabat," imbuhnya yang didampingi Kapolres Jember. (*)

Jurnalis : Dody Bayu Prasetyo
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher :
Copyright © 2018 TIMES Nunukan
Top

search Search