TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Gaya Hidup

Memiliki Anak Pemalu? Yuk, Atasi dengan Tips Ini

21/04/2018 - 03:11 | Views: 6.58k
Tips orang tua agar anak tidak pemalu (FOTO: kidsparenting)

TIMESNUNUKAN, JAKARTA – Tidak semua anak bisa bersosialisasi dengan baik. Ada kalanya anak menunjukkan sikap tidak percaya diri sehingga malu untuk bermain bersama teman-teman yang lain. Jika memiliki anak pemalu, apa yang harus dilakukan orang tua? Dilansir dari Dokter Sehat, berikut tips mengatasi anak pemalu.

1. Ajak si kecil bermain
Anda bisa mengajak si kecil bermain bersama agar anak terbiasa untuk berbagi dan bermain bersama anak-anak yang lain. Saat bermain, Anda bisa menggali permasalahan apa yang menyebabkan si kecil malu untuk bersosialisasi dengan teman-temannya.

2. Ajak teman-temannya bermain di rumah
Jika si kecil tidak mau bermain dengan teman-temannya di luar rumah, Anda bisa mengajak teman-temannya untuk bermain di rumah Anda. Anak Anda akan measa lebih nyaman berada di lingkungan yang ia kenal dan akan bersikap lebih aktif. Secara perlahan-lahan, ia akan mau mencoba untuk bermain di luar rumah.

3. Hindari penggunaan gawai
Penggunaan gawai dapat membuat anak enggan bersosialisasi dan tumbuh jadi anak yang pemalu dan tidak percaya diri. Sebaiknya batasi penggunaan gawai dan selalu dampingi si kecil ketika bermain gawai.

Anak pemalu memang perlu dilatih untun lebih berani bersosialisasi atau bermain dengan teman-temannya. 3 tips mengatasi anak pemalu di atas bisa Amda terapkan jika Anda ingin anak tidak pemalu lagi. Namun ingat, jangan terlalu memaksakan kehendak kita pada anak. (*)

Jurnalis : Lely Yuana
Editor : Deasy Mayasari
Publisher :
Copyright © 2018 TIMES Nunukan
Top

search Search